Fungsi UTAUT dalam Implementasi sistem

 

UTAUT dan UTAUT2 tools untuk menganalisa bagaimana penerapan Teknologi baru kedalam suatu perusahaan. Loh binatang apalagi itu UTAUT, Rupanya ilmu Manajemen Sistem Informasi ini sangat luas, belum kenal UTAUT1 sudah muncul UTAUT2. Bahkan mayoritas orang IT pun gak tahu UTAUT itu apa. Mayoritas lebih tertarik kepada software engineering yaitu coding dan coding. Kita melihat bagaimana survey menunjukan bahwa 45% penerapan system diperusahaan mengalami kegagalan. Bukan hanya faktor teknologinya, tapi kegagalan itu juga dipengaruhi factor lain yang sifatnya non teknis, termasuk social influence. Bos besarnya sudah setuju middle manajemen tidak sreg maka implementasi system di perusahaan sering mengalami kegagalan. Kebutuhan implementasi system harus bisa mempengaruhi kesadaran sampai level operator yaitu user yang menggunakan system tersebut. OK kita kembali ke UTAUT

 

Model UTAUT memiliki

empat kunci konstruksi yaitu: harapan kinerja (performance expectancy), harapan usaha (effort expectancy), pengaruh, sosial (social influence), dan kondisi fasilitas (facilitating conditions) yang memiliki pengaruh terhadap niat perilaku untuk menggunakan teknologi.

Performance expectancy adalah sejauh mana seorang individu percaya bahwa menggunakan sistem akan membantu dia untuk mencapai keuntungan dalam pekerjaan atau kegiatan tertentu.

Effort expectancy adalah tingkat kemudahan terkait dengan penggunaan sistem/teknologi oleh pengguna.

Social influence adalah sejauhmana persepsi seseorang bahwa pihak lain percaya bahwa sebaiknya menggunakan sistem/teknologi.

Facilitating conditions adalah sejauh mana seorang individu percaya bahwa infrastruktur teknis dan organisasi tersedia untuk mendukung penggunaan sistem/Teknologi.

Tidak ada komentar:

Baca Juga