Membangun Aplikasi Client Server Online

Teknologi client server, bukan merupakan teknologi baru. Konsep Aplikasi Client Server, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Aplikasi terletak pada Komputer Client
2. Database terletak pada Server

Aplikasi Client Server, sudah mulai redup setelah munculnya aplikasi Web based.
Karena Web Based menawarkan teknologi dimana Aplikasi dan Database terletak di Server.
Namun jangan salah, aplikasi client server masih banyak dipakai, dan relatif lebih aman. Dan dari sisi user interface bila dikemas dengan baik maka akan lebih menarik aplikasi Client Server. Misalnya entry jurnal accounting dengan menggunakan aplikasi web based tentu agak kerepotan / tidak secepat dengan menggunakan aplikasi client server.

Aplikasi Swalayan dan retail masih menggunakan aplikasi Client Server di kasirnya.
Tetapi Servernya online. Misalnya sebuah perusahaan retail Server di Singapura, dan perusahaan retailnya diseluruh Indonesia, untuk kasirnya lebih mudah menggunakan aplikasi client server. Jadi hanya database servernya yang terletak di Singapura tetapi aplikasinya berada di masing-masing cabang Perusahaan tersebut. Sehingga terjadi pemusatan data.

Kita bisa menggunakan Delphi atau VB atau bahasa pemrograman Desktop lain yang mendukung database server seperti Oracle, Sql Server maupun Mysql Server.

Syarat mutlak dapat berjalanya aplikasi client server yaitu antara Server dan Client terhubung, bisa menggunakan internet atau jaringan VPN atau Dialup.


Misalnya, kita menggunakan mysql server dan bhs pemorgraman Delphi, koneksi dgn myodbc :
1. Letakkan mysql database di server Kantor Pusat
2. Arahkan koneksi aplikasi dari kantor cabang ke pusat. Biasanya dengan menunjuk IPnya. Kalo pake myodbc, di host kita ketikan ip komputer server.
3. Di Client, sambungkan aplikasi yang dibuat dengan alias di Myodbc yang telah kita buat.
4. Aplikasi sudah bisa berjalan.

Membuat aplikasi client server dilingkup LAN, mungkin sudah biasa dan relatif lebih mudah, tetapi jika di Internet atau Jaringan VPN dimana antar Server dan Client berbeda kota butuh tips dan trik yang jitu. Di sini saya akan membagikan pengalaman saya yaitu tips dan trik membuat aplikasi Client Server yang sifatnya online seperti contoh diatas :
1. Jangan meload semua record dalam memunculkan suatu form ataupun report. Usahakan menggunakan query. (Dalam delpi jangan menggunakan komponen ttable)
2. Gunakan data temporary dan simpan dikomputer client untuk data yang jarang berubah. Untuk memasukan data temporary ke file temporary tersebut tambahkan menu update dari Server ke client.
3. Untuk meload data-data yang sifatnya temporary jangan ke server, tapi data temporary saja.
4. Gunakan feature transact pada database, untuk mencegah gagalnya penyimpanan karena infrastruktur / internet yang jelek

Kalo gak jelas bisa hubungi saya
hadi kusyanto
081380321827

Atau pengin dibantuin projeknya boleh he3. Tapi kalo sekedar belajar aja boleh, gratis kalo cuman nelpon, Atau traktir kalo mo ngobrol2 di luar kantor. Tapi bayar kalo mo dibantuin projeknya he3.

17 komentar:

ada_dogen mengatakan...

bagi donk contoh programnya..?

Admin mengatakan...

saya punya contoh program cuman cukup besar Mas untuk diupload dan merupakan aplikasi perusahaan tertentu jadi ga boleh diupload

Unknown mengatakan...

pengen konsultasi ni..
ane pengen buat aplikasi basis delphi untuk program client.server buat apotik..hehe

Unknown mengatakan...

anda ada dikota mana??

Boy mekah mengatakan...

Kalau cuma artikel kosong bikin ngantuk!! yang kongkrit aj mas

Unknown mengatakan...

cape deh,,,!!

Hendra Hong De Xing mengatakan...

Bisa di email saja bos?? Ke email sy.. tjanks bfore

Hendra Hong De Xing mengatakan...

Bisa di email saja bos?? Ke email sy.. thanks bfore

Admin mengatakan...

Mas Boy : mohon maaf jika tidak puas dengan artikel ini, hanya sebagai gambaran. Untuk detail teknisnya karena waktu saya sangat sibuk jadi belum sempat posting

Admin mengatakan...

Mas Ahmad, boleh hubungi saya, Mba Tyas, saya tinggall di Jakarta

Pak Hendra : maaf memang itu aplikasi confidential, jadi klo Bapak punya project, mending langsung kita bantu

e692an.blogspot.com mengatakan...

saya ingin membuat aplikasi online via internet dengan delphi... mohon bantuannya ya pa... saya coba no di atas,tapi belum ada balasan Fero,tks

Admin mengatakan...

Maaf Kapan yah Bapak/Ibu Fero hub saya, caranya seperti diatas hanya koneksi ODBCnya saja diarahkan ke server databasenya

Unknown mengatakan...

slmt siang,
mas, saya punya aplikasi sederhana yang dibuat dari delphi
saya ingin aplikasi ini bisa diakses di browser internet
apakah dengan membuat web service bisa memberikan solusi bagi permasalahan saya,
atau apakah ada cara lain yang bisa pecahkan masalah saya ?
newbie,
blm pernah coba membuat web service.

diblz ke sini juga ya mas kalikabur@gmail.com

thz, Eddy

Unknown mengatakan...

pengalaman saya bikin aplikasi dekstop dgn VB terus di instal di komputer lain gak jadi databasenya gmna biar data basenya jdi ketika di instal dikomputer lain sya menggunakna MySql?

pertanyaan berikutnya apakah hanya data basenya saja yg di instal di server dan aplikasinya di instal di client???

terus klo mau di hubungkan memakai jaringan LAN bgmn???

kalau terhubung antar kota contohnya itu bgmn sedangkan aplikasi clien nya menggunakan berbasis dekstop ??

mohon pencerahannya

Denizhar mengatakan...

Mas rifky Saya coba bantu ya .. dikoreksi aja barangkali saya salah.

pertanyaan pertama:
Databasenya harud di backup dan di restore di komputer yang baru di instal program itu mas. . caranya ya sama aja kaya backup or restor di komputer awal.

pertanyaan kedua:
Kalo aplikasi Client - server ya memang begitu . . Database di server dan program di client . . Kalo program dan database di client . . nanti kasian servernya ga kepake . . hehhe

Pertanyaan Ketiga:
Kalo mau di jalankan via lan . . program yang di client koneksi databasenya arahkan ke IP komputer server.

Pertanyaan Terakhir:
Kalo misalkan client-server tapi antar kota atau tidak 1 kantor caranya saya juga belum paham bener. tapi katanya bisa juga pakai
1. Cloud Database
2. WEb Service

2 2 nya saya belum coba . . hehhehe

maaf ya kalo jawaban saya kurang jelas or salah . . hanya sebatas share saja . . maklum masih belajar juga . .

Admin mengatakan...

Mas Rifqi,Terima kasih atas pertanyaannya, jadi sederhananya buatlah jaringan VPN (Virtual Private Network), caranya yaitu dengan menggunakan router cisco atau mikrotik, saya tidak jelaskan detailnya, karena cukup panjang. Klo ga bisa bisa minta tolong orang networking untuk melakukan setup VPN.

Setelah dibuat VPN maka otomatis walaupun beda kota, tetapi punya IP yang satu grup, jadi seolah-olah kita bekerja dalam LAN. Tetapkan IP Server, koneksikan ADO atau ODBC yang mas buat ke Server tersebut

Mas Daniel : makasih atas bantuan jawabannya

Anonim mengatakan...

Admin Ijin share pengalaman saja, saya biasanya ketika Client koneksi ke server yang berbeda lokasi IP tujuan koneksinya saya gunakan IP Public Internet yang digunakan oleh Server tinggal setting IP Publicnya dan port Routernya saja diberi NAT ke IP Local Server tapi memang menghabiskan bandwitch besar (Contoh kasus menggunakan Router Mikrotik)kalo VPN yang baru saya tau Router yang digunakan harus sama2 satu produk/brand yang sama..

Baca Juga