Kelebihan Pemrograman Desktop, Client Server vs WEB vs Mobile Apps


Blog delphindo ini tidak hanya membahas Delphi tetapi juga solusi pemrograman web. Plus minus Pemrograman Desktop, Client Server vs WEB vs Mobile Apps


Desktop/Client Server
Web
Mobile Apps
Kemudahan Develop
5
3
2
Waktu Develop
5
3
2
Maintain
2
5
3
Masa depan
2
5
4
Price Product Output
2
4
5
Bisa dibuka di Komputer, Gadget, Ipad, HP, Android
1
5
3
TOTAL SCORE
17
25
19

Keterangan Score
1 : Kurang Sekali    2:Kurang         3. Cukup              4.Bagus      5. Sangat Bagus

Dari hasil analisa Delphindo maka yang sangat penting dikuasai adalah Web Programming, setelah di Develop dan dideploy kepada User, maka program pada umumnya tidak sempurna, butuh di patch, dibetulkan bugnya.

 Jika program tersebut menggunakan teknologi didesktop maka Programmer harus mengirimkan exe kepada pengguna, dan memiliki berbagai kelemahan
1.       Pengguna belum tentu paham sekali tentang bagaimana cara copy paste program hasil perbaikan tersebut.
2.       Pengguna sibuk dan memiliki pekerjaan lain sehingga program sering lupa untuk copy paste apabila ada perubahan minor, efeknya program tidak update.
3.       Jika menggunakan server cloud untuk menaruh file exe maka akan otomatis update jika, program pengguna sudah disclose. Ini adalah solusi terbaik untuk Desktop dalam hal maintenance software. Tetapi file exe itu kadang ukurannya besar, sehingga pada saat habis update, loading programnya diawal cukup lama.
4.       Apabila ada bug mendadak, maka Programmer tidak bisa langsung membetulkan bug saat itu juga. Dia harus duduk didepan computer dulu, lalu mengirimkan email perbaikan atau exe yang mana bisa memakan waktu lebih dari 15 menit dalam proses perbaikan, sehingga downtime nya lebih lama dan Service Levelnya menurun.

Kelebihan maintain Web Software 
1.       Pengguna tidak perlu repot update program, karena sudah otomatis
2.       Pengguna sibuk atau memiliki pekerjaan lain, program dapat diupdate oleh programmer dari jarak jauh, jadi tanpa kunjungan. 
3.       Apabila ada bug, Programmer bisa langsung membetulkan, secara realtime.

Contoh Pemrograman WEB Bootstrap 


Untuk Desktop programming disarankan menggunakan Delphi dan untuk web programming disarankan menggunakan PHP Framework Codenighter


Tidak ada komentar:

Baca Juga